Senin, 28 Februari 2011

Pemasaran kunci kesuksesan peternakan unggas hias

Berternak unggas hias seperti ayam bekisar, ayam serama, ayam ketawa dan lain sebagainya, sudah bukan rahasia lagi jika bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Jika kita hitung dengan cost produksinya, keuntunganya bisa mencapai 100% bahkan mungkin lebih. Kita ambil contoh, untuk doc ayam serama saja, yang biaya produksinya kurang dari 5000 rupiah per ekor bisa dijual dengan harga 100 ribu bahkan bisa juga lebih dari itu.

Dengan hanya melihat margin keuntunganya, tentu saja siapapun akan sangat tertarik untuk untuk membudidayakanya. Kebanyakan peternak akan memacu jumlah produksinya. Nah, justru disinilah penyebab banyaknya kegagalan para peternak unggas hias, karena hanya terbayang keuntunganya saja, maka investasi pun langsung digenjot dengan besar-besaran. Tetapi belum memiliki pasar yang pasti. Sehingga pada saat sudah produksi akan kesulitan dalam pemasaranya.

Dari pengalaman kami, dalam mengembangkan peternakan unggas hias ini kita tidak bisa terlalu berambisi mengejar jumlah produksi. Justru yang perlu dirintis adalah massalah pemasaranya. Produksi kita sesuaikan dengan daya serap pasar yang kita miliki. Jika kita hanya mampu memasarkan 10 ekor saja DOC nya dalam satu bulan, sebaiknya kita pelihara indukanya untuk 1 pasang saja. Kalau permintaan pasarnya meningkat baru kita tambah lagi indukannya.

Jadi keberhasilan anda dalam membudidayakan unggas hias sangat tergantung dari seberapa besar usaha anda dalam mendapatkan pasarnya, bukan dari berapa besar jumlah populasi yang mampu anda produksi. Dari pengalaman kami, untuk bisa mempunyai omset rutin sekitar 30 ekor DOC dalam satu bulan saja, kami memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan untuk mengembangkan pasarnya. Semoga sedikit pengalaman ini bisa menginspirasi para peternak unggas hobi dalam mengembangkan usahanya. Salam Sukses.

Kamis, 24 Februari 2011

meraih profit dari ternak ayam serama

Usaha merupakan hasil kecintaan kita terhadap sesuatu. Bisnis tidak harus dimulai dari sesuatu yg besar. Bahkan seseorang bisa memulai bisnis dari hobinya. Jika Anda mempunyai hobi memelihara unggas hias maka ini adalah peluang besar untuk mengembangkan hobi Anda.

Hobi ternyata dapat mendatangkan keuntungan. Hobi bisa menjadi peluang bisnis yg menguntungkan dan dapat mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yg cukup besar bahkan bisa juga lebih besar dari pengahsilan utama anda. Hal utama yg diperlukan dalam mengembangkan peluang bisnis ini adalah komitmen.

Seperti yang sudah kami kembangkan saat ini, selain sebagai peternakan ayam petelur komersial. Central Unggas Farm mengembangkan juga peternakan unggas hias atau unggas hobi. Salah satu jenis peternakan unggas hobi yang berhasil kami kembangkan adalah peternakan ayam bangkok, dimana produksi dari farm kami ini sudah cukup luas pangsa pasarnya sampai ke berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini kami juga selalu menambah koleksi indukan unggas hobi di farm kami dengan harapan kedepanya nanti Central Unggas Farm juga bisa menjadi sentralnya peternakan unggas hias yang cukup profesional di Indonesia.Salah satu jenis unggas untuk hobi yang kami kembangkan lagi saat ini adalah ayam serama. Jenis ayam terkecil didunia ini sekarang memang lagi musim-musimnya. Dari apa yang sudah kami jalani beberapa bulan ini, beternak ayam serama ini tidak ada ruginya. Karena dengan satu kali periode bertelur saja, terkadang kita sudah bisa mengembalikan investasi untuk indukanya.

Sebagai ilustrasi seperti ini, saat ini masih bisa kita temui indukan menjelang produksi dengan harga berkisar 350 ribuan. Maka dengan menjual anakanya seharga 30 ribuan saja, modal indukanya untuk satu periode bertelur saja sudah hampir kembali. Namun yang perlu diketahui saat ini rasanya tidak ada anakan ayam serama yang harganya 30 ribu, minimal harganya Rp. 100 ribuan untuk umur sekitar 1 bulan. Karena untuk telur tetasnya saja kami coba menjual Rp. 30 ribu per butir sudah cukup banyak pemesanya.

-manfaatkan peluang sederhana di sekitar kita-

Induk betina ayam serama terlalu kecil susah bertelur

Banyak seramania yang mengeluh, babon (betina indukan-nya) ogah bertelur meski sudah dijodohkan bahkan dikawinkan dengan pejantan sehat. Bahkan sudah berkali-kali ganti pasangan pejantan tetap saja ogah bertelur sebutirpun.

Inilah salah satu kelemahan sekaligus kelebihan serama, produksinya tidak gampang menjadi sisi kelebihan karena pasarnya susah bakalan meluber sehingga pasaran harganya terjaga.

Tak bisa bertelur atau susah bertelur? dua pertanyaan itu yang kini sering menghinggap ke seramania yang mencoba menernak ayamnya. Tudingan tentu saja dialamatkan ke betina babonya. Banyak yang mengira seekor betina susah bertelur karena ukuranya yang kelewat mini, dibawah 270 gram. Karena kelewat kecil maka perkawinan tak bisa terjadi dengan sempurna. Saat sang pejantan berusaha mengawini ia selalu terpeleset sehingga tak terjadi perkawinan yang sesungguhnya.

Karena itu seramania menyiasatinya dengan kawin sodok. Yakni dengan memegang sang betina sambil dijongkokkan agar sang pejantan dapat melakukan perkawinan dengan sempurna. Dibeberapa kasus, kawin sodok bisa berhasil. Namun disejumlah kasus, perkawinan paksa itu juga tak membuahkan hasil maksimal. Betina yang bersangkutan tetap ogah bertelur meski sudah terjadi perkawinan sempurna.

Kenapa bisa terjadi? secara genetika ayam babon tadi tidak bisa bertelur, sebgaimana kita ketahui, serama ini bukan spesies, melainkan hasil rekayasa dengan perkawinan-perkawinan inbreed, sehingga acap terjadi resesif. Sehingga menjadi cacat secara genetika jadi susah berkembang biak. Kalaupun bisa bertelur juga susah untuk menetas.

Nah, yang berukuran kelewat mini, misalnya dibawah 270 gram, bisa jadi yang mengalami cacat genetika sehingga susah berkembang biak. Ironisnya, justru yang beratnya dibawah 300 gram itulah yang kini jadi idola sekaligus meraih juara diarena kontes karena selain eksotis juga mampu menampilkan aneka gaya yang memikat. Karena itu kembali lagi. Mau spesialis kontes atau spesialis ternak.....?. Sumber Tabloid Agrobis

Kamis, 17 Februari 2011

Bisnis Unggas Hobi, (sebenarnya) Bisnis yang tak pernah mati

Terinspirasi dari pedagang ayam serama, saya pun tertarik untuk mencoba budidaya ayam serama sebagai jenis unggas untuk hobi ini. Pedagang ayam serama tersebut seperti menjadi sentral jual beli dari ayam serama. Ada peternak yang menawarkan ayamnya, tak lama kemudian ada penghobi yang datang menawar ayam yang baru datang tersebut.

Banyak yang berpikir bahwa jenis unggas ini hanya menjadi bisnis musiman yang sepertinya kurang layak untuk ditekuni. Sebenarnya pemikiran seperti itu sangat kurang tepat, saya coba mempelajari perkembangan farm ayam serama di Malaysia dan Farm Ayam bangkok di Thailand ternyata bisa berkembang sangat besar dan pangsa pasarnya bisa sampai manca negara. Ternyata bisnis unggas untuk hobi ini walaupun memang benar merupakan bisnis musiman, tetapi jika pemasaranya sangat luas maka bisa menjadi bisnis yang tetap kontinyu. Karena musim hobi unggas di setiap daerah akan berbeda dan terus berputar.

Farm-farm besar unggas hobi yang bisa berkembang besar ternyata adalah farm dari peternak yang cukup cerdas mengembangkan pasarnya dengan menggunakan teknologi informasi. Apalagi saat ini dengan semakin mudahnya transportasi, semakin banyak dan mudah ekspedisi yang bisa melayani pengiriman unggas antar daerah maupun antar negara.

Tetapi ada yang perlu sangat anda perhatikan dalam mengembangkan bisnis unggas hobi ini, yaitu jangan terlalu berambisi dalam mengembangkan populasi. Yang perlu dirintis justru pemasaran dari hasil produksinya. Karena Bisnis hobi ini sangat erat kaitanya dengan brand image atau citra, maka yang dibutuhkan adalah keuletan dan konsistensi dalam mengembangkan mutu dari ternakan kita.

Senin, 14 Februari 2011

Semakin banyak perkembangan informasi harga telur, semakin besar kebutuhan informasi harga acuan dari sms info central unggas

Melihat perkembangan sms info harga telur dari central unggas farm yang begitu pesat tentunya akan banyak juga yang pihak-pihak berusaha untuk ikut-ikutan berusaha menjadi sumber informasi tentang perkembangan harga telur terkini. Dimana Informasi yang diberikan akan sangat tergantung dari kepentingan kepentingan yang melatarbelakanginya. Mungkin ada yang bertujuan untuk mendapatkan profit dari layanan informasi seperti SMS info central unggas, tetapi tidak memiliki sumber daya informasi yang jelas, ada juga yang mungkin bertujuan sekedar untuk memberikan kesimpang siuran informasi yang berkembang. Karena dengan adanya kekacauan informasi diharapkan bisa mengail di air keruh. Disinilah perlunya anda sebagai pelaku bisnis perteluran pandai dalam memilih informasi sebagai acuan.

Hal seperti ini sudah ada dalam prediksi kami dari pertama mendirikan sms info harga telur terkini. Pada waktu itu kami berpikir bagaimana membuat suatu sistem informasi dimana dengan semakin banyaknya bermunculan informasi -informasi baru justru akan menjadikan sistem informasi yang kami rancang menjadi semakin berkembang. Karena pada bisnis konvensional yang ada saat ini kebanyakan jika semakin banyak persaingan maka pangsa pasarnya semakin kecil karena lebih banyak yang memperebutkan.

Berbeda dengan sebuah informasi, Informasi sangat besar pengaruhnya terhadap sebuah kepercayaan. Dimana sumber informasi yang sudah dipercaya tentu akan sangat berbeda pengaruhnya dengan sekedar informasi kabar burung. Dan para pelaku bisnis profesional tentu saja akan selalu menggunakan sebuah layanan profesional juga dalam pengambilan keputusan untuk langkah-langkah strategisnya. Karena para pelaku bisnis yang profesional ini mempunyai omset yang jelas sangat besar maka harga jualnya pun akan menjadi acuan perkembangan untuk pasar lokalnya masing-masing. Dari sinilah maka informasi dari SMS Server Central Unggas mempunyai peran yang besar dalam perkembangan harga pasar.

SMS Info Central Unggas adalah media informasi yang independen dan bekerja secara profesional yang tidak berorientasi mencari keuntungan dari sebuah proses jual beli telur. Saat ini dengan banyaknya pedagang maupun peternak dari berbagai daerah di indonesia yang bergabung maka sms info central unggas sudah berkembang menjadi media informasi perkembangan harga telur nasional yang terpercaya.

Dengan meratanya member sms info dari berbagai daerah di indonesia ini, distribusi perkembangan informasi dari sms server akan sangat cepat direspon oleh peternak maupun pedagang yang menggunakan acuan standar dari sms info central unggas.

Disinilah perlunya anda selalu mengikuti update informasi harga telur terkini dari sms server central unggas yang sudah terbukti menjadi acuan standar bagi kebanyakan pedagang maupun peternak dari berbagai daerah di indonesia, sehingga sebagai pelaku bisnis di bidang perteluran ini anda tidak akan ketinggalan perkembangan harga telur yang sedang dan akan terjadi



Kamis, 10 Februari 2011

Budidaya ayam ketawa, mengangkat produk dalam negeri

Mungkin judul diatas sedikit idealis, tetapi memang begitulah kenyataanya. Berbagai satwa hobi di Indonesia banyak didatangkan dari manca negara.Nah, dengan mengembangkan ayam ketawa yang notabene ayam asli Indonesia, ayam ini bisa berkembang menjadi tuan rumah dinegeri sendiri dan tidak menutup kemungkinan bisa go Internasional.

Kalau kita biasa mendatangkan perkutut dari bangkok, serama dari malaysia dan ayam saigon dari vietnam. Maka pada suatu saat nanti gantian kita yang mengekspor ayam ketawa ke luar negeri.

Sebagai langkah awal memasyarakatkan ayam ketawa didalam negeri, caranya dengan memeperbanyak penghobinya sehingga bermunculan klub-klub pecinta ayam ketawa. Seperti di semarang sudah digelar latber untuk kontes ayam ketawa.

Sekarang ayam ketawa mania sudah cukup banyak. Pertengahan 2011 nanti hobi ayam ketawa bakal mencapai puncaknya. Tentu saja untuk menuju kesana dukungan dari masyarakat dan pihak terkait sangat diperlukan sehingga hobi ini bisa berkembang.

Tingginya permintaan saat ini tentu saja menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Dengan merjuni breeding ayam ketawa apalagi nantinya bisa menghasilkan variasi lagu-lagu baru maka harga juga bisa dipastikan akan berlipat ganda. Untuk pasarnya, permintaan ayam ketawa ini cukup luas. Mulai anakan hingga dewasa sudah bisa diserap pasar. Sebagai gambaran umur 1 bulan saja dengan kualitas standart bandrolnya berkisar Rp.200.000,- - Rp.250.000,-. Lantas berjenjang umur 2,3,4,5,6 hingga 7 bulan. Diatasnya masuk kategori ayam ketawa dewasa yang harganya tembus sampai puluhan juta rupiah.

Sumber:
Tabloid Agrobis

Selasa, 08 Februari 2011

Perunggasan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke

Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, sangat memberikan kemudahan bagi kita untuk dapat mengetahui perkembangan di suatu daerah tanpa kita harus pergi ke daerah tersebut. Sebagai salah satu media informasi tentang perunggasan di Indonesia saat ini, Central Unggas Farm ini banyak sekali di akses oleh para praktisi maupun akademisi perunggasan dari berbagai daerah di Indonesia.

Banyak sekali email atau sms yang masuk ke kami, dan mohon maaf bila tidak semua email maupun sms tersebut kami dapat menjawabnya dengan memuaskan karena padatnya aktifitas kami setiap hari.

Jika saya perhatikan permintaan kebutuhan peternakan yang masuk, sedikit saya simpulkan bahwa untuk daerah ujung barat indonesia seperti di sabang, permintaan kebutuhan ini masih berkisar pada kebutuhan untuk peternakan unggas lokal saja, misalnya itik, ayam buras dan puyuh. Namun justru diujung timur indonesia, yaitu di merauke justru peternakan layer mulai berkembang. Hal ini bisa saya ketahui dengan seringnya permintaan untuk kebutuhan peternakan layer atau ayam petelur disana.Bahkan dari informasi yang saya peroleh sudah ada peternak yang mempunyai populasi sampai 20.000 ekor, sebuah jumlah yang menurut saya cukup signifikan untuk daerah yang cukup terpencil.

Pada awalnya saya sedikit heran, bagaimana bisa memenuhi kebutuhan pokok untuk peternakan ayam petelur disana? Tentunya untuk mendapatkan jagung atau katul tentu tidak mudah dan jika komponen pokok untuk pakan ayam petelur ini didatangkan dari luar pulau tentu jatuhnya harga menjadi sangat mahal. Setelah saya tanyakan, ternyata peternak disana menggunakan pakan jadi dari pabrik untuk pakan ayam petelurnya.

Dari informasi yang saya peroleh, per sak pakanya berkisar dengan harga 325.000,- atau 6500 per kilo nya. Dan untuk penjualan telurnya disana dijual butiran atau per rak(egg tray), dimana untuk harga saat ini berkisar pada harga 50.000,-. per rak. Sebagai peternak, pikiran saya pun langsung menghitung berapa ya selisih kotor antara telur dan pakanya.

Misalkan saja kita gunakan acuan untuk ayam dengan produksi 80% saja, maka bisa kita hitung jumlah pakan yang di butuhkan untuk ayam tersebut. Yaitu sekitar 38 ekor, jika kita gunakan pakan dengan standart pemberian pakan 0,120 kg per ekor/hari maka kebutuhan pakanya adalah sekitar 4,56 kg. Jika harga pakan per kg nya 6500 maka kebutuhan pakan per harinya sekitar 29.640 rupiah. Jadi jika harga telurnya per rak 50.000,- ada selisih kotor sekitar 20.000,- an per hari. Jadi per harinya untuk populasi 1000 ekor ada margin sekitar 500.000,- an, belum dipotong dengan biaya operasionalnya. Yah....ternyata lumayan prospektif juga mengembangkan peternakan ayam petelur disana.

Meskipun saya yakin biaya operasional disana pasti sangat tinggi. Tetapi tingginya biaya operasional dengan sendirinya akan turun jika peternakan disana populasinya terus berkembang. Dan akhirnya, salam dari kami disini, semoga terus berkembang untuk para peternak layer di sana. Senang bagi kami bisa membantu apapun untuk mengembangkan peternakan anda. Tidak ada sesuatu yang mudah, tetapi tidak ada sesuatu yang tak mungkin. Tetap semangat, dan terus maju.

Jumat, 04 Februari 2011

Pedagang telur sebaiknya juga beternak ayam petelur

Semakin hari tingkat persaingan dalam perdagangan telur ras ini semakin meningkat. Dan dengan meningkatnya persaingan tentu saja margin keuntungan akan semakin menipis juga. Banyak yang beranggapan bahwa bisnis kebutuhan bahan pokok itu sangat menguntungkan dengan adanya repeat order dari bahan pokok tersebut. Karena banyak yang berpikir demikian ini maka banyak pebisnis pemula yang ikut-ikutan terjun ke dalam bisnis seperti ini.

Dan sudah bisa dipastikan bahwa pemain pemula ini akan menjual harga yang murah untuk tebar pesona atau merebut hati pasar. Istilahnya itu, biar tekor yang penting kesohor. Inilah salah satu kesalahan dalam sistem pendidikan yang kita dapatkan, dari awal kita selalu diajarkan sesuatu yang linier, setelah A itu pasti B, seribu itu lebih kecil dari 2000, pembeli pasti akan memilih yang murah daripada yang mahal. Padahal pada kondisi riilnya, bisnis itu tidak selalu linier. Belum tentu yang murah itu mesti laku dan yang mahal itu gak laku. Dari pengalaman yang saya dapatkan, jangankan jual lebih murah, digratiskanpun belum tentu hal seperti ini akan bisa membuat anda bisa menguasai pasar. Biasanya hal seperti ini justru menunjukan rendahnya level dari bisnis yang anda kelola.

Jual murah sebenarnya tidak selalu menjadi langkah yang efektif dalam menguassai pasar, tetapi realitanya memang seperti itulah yang selalu digunakan para pemula untuk memulai langkah bisnisnya. Otomatis, pemain lama pun biasanya juga akan mengikuti harga jual dari para pemula ini. Maka dengan saling menjual murah-murahan seperti inilah, keuntungan yang didapat akan semakin menipis bahkan bisa dikatakan tidak untung sama sekali.

Dengan kondisi pasar yang seperti itu, pada akhirnya nanti pedagang yang masih bisa bertahan adalah pedagang yang mempunyai farm atau ternak sendiri. Jadi apabila pasarnya diserang pemain pemula masih bisa mempertahankan dengan telur dari hasil produksi farmnya sendiri. Jika kondisi harga pasar bagus, bisa memasukan telur lagi untuk memenuhi kebutuhan pasarnya.

Memang modal yang dibutuhkan untuk ternak itu sangat besar, sebagai gambaran modal untuk memelihara ayam petelur 1000 ekor saja jika digunakan untuk dagang telur bisa dapat putaran untuk 4 ton lebih. Disinilah para pedagang itu biasanya malas untuk memulai usaha peternakan. Padahal justru sebenarnya usaha perdagangan telur itu akan bisa sangat stabil jika kita memiliki farm sendiri.

Rabu, 02 Februari 2011

Jaringan informasi harga telur terkini central unggas, sebuah karya untuk indonesia

Harga telur sangat mudah sekali bergerak baik naik atau turun. Banyak sekali yang bisa mempengaruhi pergerakan harga telur ini, salah satunya adalah isu tentang perkembangan harga telur itu sendiri. Disinilah diperlukanya sebuah informasi yang bisa digunakan sebagai acuan standar sehingga pergerakan harga tersebut berjalan sesuai dengan kondisi riilnya.

SMS Info Central Unggas merupakan satu-satunnya layanan perkembangan informasi harga telur terkini yang independen dan bekerja secara profesional di Indonesia saat ini. Seiring berjalanya waktu, jaringan informasi harga telur ini terus berkembang dengan selalu bertambahnya member dari berbagai daerah di indonesia baik pedagang maupun peternak.

Dengan meratanya member sms info dari berbagai daerah di indonesia ini, distribusi perkembangan informasi dari sms server akan sangat cepat direspon oleh peternak maupun pedagang yang menggunakan acuan standar dari sms info central unggas.

Disinilah perlunya anda selalu mengikuti update informasi harga telur terkini dari sms server central unggas yang sudah terbukti menjadi acuan standar bagi kebanyakan pedagang maupun peternak dari berbagai daerah di indonesia, sehingga sebagai pelaku bisnis di bidang perteluran ini anda tidak akan ketinggalan perkembangan harga telur yang sedang dan akan terjadi.



Selasa, 01 Februari 2011

Mengembangkan peternakan ayam bangkok profesional sebagai peluang bisnis

http://www.central-bangkok-farm.com. Ayam bangkok merupakan salah satu jenis hewan peliharaan untuk hiburan, kesenangan atau hobi. Banyak yang menganggap bahwa ayam bangkok identik dengan perjudian. Sebenarnya tidak sepenuhnya benar anggapan yang demikian tersebut.

Banyak sekali orang yang memelihara ayam bangkok hanya senang untuk di rawat dan dilihat di saat waktu luang sekedar sebagai hiburan. Memang ayam bangkok yang bagus akan terlihat gagah perkasa dan menyenangkan untuk dipandang.

Sebagai peternak sebenarnya kita bisa melihat ini sebagai peluang yang cukup menjanjikan. Karena sesuatu yang merupakan hiburan atau kesenangan tidak ada standard harga yang baku. Berapapun harganya asal pembeli merasa senang pasti akan dibayar. Tetapi memang untuk mempunyai brand image yang bagus perlu proses yang panjang. Kita harus benar-benar mampu menunjukan kualitas yang bagus dari hasil ternak kita.

Dalam mengembangkan peternakan ayam bangkok ini, kita tidak perlu tergesa-gesa berorientasi pada jumlah populasinya. Tidak usah banyak-banyak dulu, sedikit tetapi selalu ada dan berkualitas bagus, jika ada pembeli datang setiap saat tetap saja ada ayam yang siap dijual. Jika ayam yang kita jual terbukti menjadi ayam yang berkualitas, tentu saja tanpa harus promosi pun peternakan kita akan semakin terkenal.

Berbeda dengan jenis bisnis jual beli ayam pedaging dan telur, ayam bangkok ini tidak selalu harga yang murah akan mendapat respon pasar yang bagus. Bahkan seringkali para pembeli menganggap harga yang murah justru mencerminkan kualitas yang kampungan, rendahan dan murahan. Jika kita merasa ada ternak kita yang kualitasnya kurang bagus lebih baik dijual sebagai daging konsumsi saja daripada dijual murah tapi justru akan merusak citra dari peternakan kita. Berdasarkan pengalaman kami, jika peternakan brand image (citra merek) dari peternakan kita sudah bagus, bukan hal yang sulit untuk menghasilkan profit hingga puluhan juta rupiah dalam 1 bulan. Semoga sedikit tulisan saya ini dapat memberikan inspirasi untuk para peternak di seluruh tanah air dalam menangkap peluang yang ada disekitar kita.