Senin, 19 April 2010

PERJALANAN POLA PEMASARAN SEGMENTASI ITIK/BEBEK

Oleh : Rikma, peternak bebek , Blitar

Berdasarkan pengalaman (yang masih terbatas) selama beternak itik / bebek, di dalam artikel ini saya coba membahas tentang prospek pasar produk itik.Pemasaran atau tata niaga merupakan kegiatan menyampaikan produk bebek/itik dan segmentasinya ( telur, bibit, daging, dan pakan ) dimulai dari peternak hingga konsumen akhir.

Dari seluruh segmentasi produk itik tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling ketergantungan antara satu dengan lainnya yang memang cukup menyerap kegiatan ekonomi masyarakat. Berdasarkan saling ketergantungan tersebut maka secara umum pelaku bisnis tersebut dapat di gambarkan sebagai berikut

Berikut ini adalah sedikit pemaparan situasi bulan – bulan tertentu di wilayah tempat saya berada dalam satu tahun tentang situasi pasar dan siklus musiman para peternak bebek/itik.

Bulan Januari s/d februari
harga pakan tinggi
harga telur tinggi
harga DOD mulai naik
harga bibit siap telur ( bayah ) tinggi
harga bebek potong murah
pangonan bebek ( petani angon ) mulai ramai

Bulan maret s/d mei
harga pakan mulai turun
harga bibit siap telur masih tinggi
harga telur mulai turun mengikuti harga pakan
harga bebek potong mulai naik
pangonan bebek ramai


Bulan April s/d juni
harga pakan turun drastis
harga telur turun stabil
harga bibit siap telur ( bayah ) turun / murah
harga DOD jantan naik
harga bebek potong naik
angonan mulai berkurang

Bulan Juli s/d September
Harga pakan mulai naik / mahal
Harga telur naik
Harga bibit siap telur ( bayah ) murah
Harga bebek potong tinggi
Pangonan tidak ada



Bulan Desember s/d January
Harga pakan mahal
Harga telur mahal
Bibit siap telur ( bayah ) naik
Harga DOD turun


Mudah mudahan tulisan saya ini dapat sedikit menjembatani informasi untuk dapat membuka wawasan tentang sekitar dunia bisnis peritikan / perbebekan .

---------Semoga Bermanfaat---------





Tidak ada komentar:

Posting Komentar