Sabtu, 30 Mei 2009

Prediksi Harga Telur

Wah... Saya paling bingung kalau ditanya bagaimana prediksi harga telur sampai bulan depan pak? Ya... Wajar saja pertanyaan seperti itu, baik peternak maupun pedagang tentu ingin mengetahui perkembangan ke depan tentang harga telur.


Untuk dapat memperoleh prediksi jangka panjang yang akurat tentu kita membutuhkan data yang cukup lengkap. Misalnya data perkembangan populasi, ini bisa kita dapatkan dari TS - TS yang berkompeten dengan penjualan doc dan populasi layer produksi bisa kita dapatkan dari TS juga yang biasa blusukan ke kandang kandang peternak besar.


Nah, kalo sekedar prediksi harga untuk beberapa hari kedepan mungkin saya bisa berikan. Selain memperhatikan informasi tentang permintaan telur di blitar sendiri, saya juga dapat memperoleh informasi dari teman-teman saya peternak dan pedagang telur tentang daya serap pasar lokalnya. Kalau mayoritas daya serap pasar lokal masing masing daerah ini tarik, maka dapat dipastikan harga juga akan segera naik. Selain itu jika ada permintaan luar pulau yang cukup besar dapat juga memicu kenaikan harga tapi hal ini biasanya tidak berlangsung lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar