Rabu, 07 Juli 2010

Penyusunan kandang battery untuk layer

Dengan teknologi yang lebih maju, penyusunan kandang bertingkat lebih dimungkinkan. Sehingga saat ini, telah kita kenal berbagai bentuk susunan kandang battery sebagai berikut:

1. Susunan kandang battery satu tingkat, saling bertolak belakang atau berhadapan.

2. Susunan kandang battery dua tingkat, saling bertolak belakang atau berhadapan.

3. Susunan kandang battery tiga tingkat, saling bertolak belakang berbentuk piramid atau berhadapan berbentuk segi tiga terbalik

4. Susunan kandang battery tingkat secara vertikal.

Sebelum kandang battery ini disusun, terlebih dahulu harus dibuatkan kerangka yang terdiri atasa bahan kaso atau bambu untuk menempatkan battery tersebut. Kerangka battery dibuat agak miring ke depan 5cm-7cm atau 10 derajat. Walaupun susunan battery ini dapat dibuat hingga 3 tingkat, namun hal ini harus diatur dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Kondisi lingkungan: luas lahan, suhu, kelembapan, pencahayaan dan lain sebagainya.
  2. Kemudahan dalam melakukan tatalaksana: seluruh bagian kandang battery tersebut masih mudah dijangkau oleh petugas, berkaitan dengan pemberian pakan dan air minum, pembersihan dan lain sebagainya.
  3. Ukuran luas kandang: kandang yang sempit hanya dapat digunakan untuk menyusun kandang battery 2 tingkat dalam satu baris.

Jumlah tingkatan battery yang optimal untuk negeri kita yang panas ini, adalah 2 tingkat saja, atau maksimal 3 tingkat. Sebab, jika melebihi 3 tingkat pasti akan muncul berbagai kelemahan sebagi berikut:

  1. Kotoran cepat tertimbun dalam jumlah banyak, becek, dan berbau tajam, kadar amonia meningkat tinggi sehingga dapat menganggu pernapasan, dan produksipun merosot.
  2. Kesulitan dalam melakukan tata laksana, dalam hal ini termasuk pemberian pakan, air minum, pembersihan kandang, pengumpulan telur.


----semoga bermanfaat----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar