Jumat, 22 Januari 2010

Hal terpenting dalam memulai usaha beternak itik

Oleh : Rikma, Peternak bebek, Blitar
Seluruh segmentasi kegiatan peternakan itik/bebek dapat menghasilkan uang. Dimulai dari memproduksi telur tetas , telur konsumsi, DOD (day old duck ), itik dara (bayah), itik potong dan pakan. Tujuan beternak merupakan merupakan hal pertama yang harus dipikirkan, sebab sudah banyak kenyataan yang menunjukan bahwa tujuan beternaklah yang merupakan penyebab utama dalam “keberhasilan atau kegagalan” suatu peternakan itik/bebek ini. Banyak peternak itik/bebek yang berdiri sekedar hanya karena ikut-ikutan yang sudah merupakan pola bisnis umum di Indonesia, peternak seperti inilah yang dinamakan peternak marginal. Dengan mengetahui tujuan beternak maka akan mendorong segala kemampuan yang ada pada peternak hingga membangkitkan semangat usaha. Dengan tujuan yang jelas peternak akan bersungguh sungguh dalam mengelola peternakannya sebab bila tidak akan gagal dan merugi.

Untuk mencapai tujuan tersebut peternak harus mampu menerapkan dan menguasai tiga hal yaitu Teknis ,Bisnis dan Manajemen.

Teknis berarti memahami cara pengelolaan peternakan sebab alat produksi dalam beternak itu adalah mahluk hidup yang kelangsungan hidupnya tidak dapat dibiarkan begitu saja sehingga harus dikelola sesuai dengan kebutuhan itik/bebek dan semata-mata bukan atas dasar kehendak peternak saja.

Bisnis berarti semua yang dikelola dalam peternakan itik/bebek harus sesuai dengan prinsip prinsip bisnis karena tujuan dari kita beternak adalah untuk mendapatkan keuntungan. Biaya yang dikeluarkan harus sesuai dengan rincian, hal inilah yang sering dilupakan oleh para peternak itik/bebek. Mulailah beternak itik/bebek dengan kemampuan yang ada dan jangan memaksakan diri, artinya jangan beternak diluar daya dukung yang ada. Peternak itik/bebek juga harus memahami betul kaitan antara makanan, produksi, perencanaan penjualan dan situasi pasar.

Manajemen berarti mengelola seluruh unsur dalam peternakan yang terlibat didalamnya agar dapat berjalan sesuai dengan tujuan atau rencana yaitu profit. Bisa dikatakan juga manajemen dalam peternakan adalah seni, sehingga dalam penerapannya biasanya dilakukan dengan gaya yang berbeda antara satu peternak dengan peternak lainnya.

--------Semoga bermanfaat-----------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar