Jumat, 11 Juni 2010

Burung Unta

Burung onta merupakan binatang herbivora yang hidup secara berkelompok dan sangat menyukai air, tetapi dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang relatif lama tanpa air. Pada masa lampau, burung onta diternakan untuk menghasilkan bulu-bulu dan merupakan salah satu komoditas ekspor utama. setelah didomestikan, pemeliharaan burung onta ditujukan sebagai penghasil telur, daging dan bulu.

Species burung unta higga saat ini hanya diketemukan sebgai struthio camelus. Sejauh ini, burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup, tingginya dapat mencapai 2,5 meter. Tinggi burung onta jantan dewasa mencapai 9 kaki dengan berat badan mencapai 75-150 kg, betina dengan kisaran 5,5-6,5 kaki dengan berat badan dibawah berat badan jantan. Pertumbuhan anaknya mencapai 10 inchi per bulan pada tahun pertama dan beratnya mencapai 50 kg pada umur 1 bulan.

Habitat burung unta umumnya berada didaerah kering atau berpasir di afrika tengah dan afrika selatan. Daerah savana atau padang rumput juga merupakan habitat yang baik untuk burung onta. Burung unta jantan berwarna hitam dan putih, sedangkan betina berwarna cokelat keabu-abuan.

Burung unta hidup bergerombol atau berkelompok, terdiri dari 5-50 ekor, umumnya ditemukan bersama-sama dengan binatang-binatang yang merumput, seperti zebra dan antelope. Karakteristik lain burung unta adalah amat menyukai air dan sering dijumpai mandi secara berkala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar