Kamis, 24 Juni 2010

Pemilihan bibit dan perkandangan burung puyuh

Pemilihan calon bakalan untuk burung puyuh disesuaikan dengan tujuan untuk produksi telur atau produksi daging. Cara pemilihan bakalan sama dengan pemilihan bakalan pada ayam atau itik, yaitu dipilih berdasarkan kemampuan induknya. Parameter yang dilihat yaitu kemampuan produksi, kemampuan untuk tumbuh, serta penampilan eksterior. Penampilan eksterior dilihat dari masing-masing individu dengan indikasi sehat, tidak cacat dan lincah.

Kandang yang banyak digunakan dalam pemeliharaan puyuh yaitu kandang sistem liter dan sistem sangkar (kandang baterai). Letak kandang diatur sedemikian rupa sehingga kandang cukupmendapatkan sinar matahari. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan puyuh yaitu 20-25 derajat Celcius dan kelembapan 30-80%.

Kepadatan kandang juga perlu diperhatikan. Kandang sangat berperan terhadap daya hidup, produksi puyuh dan biaya produksi. Perlengkapan dan peralatan kandang puyuh yang diperlukan berupa wadah pakan, wadah minum dan tempat telur. Kandang starter (1-3 minggu) perlu dilengkapi dengan pemanas (brooder)

Kepadatan kandang puyuh

Umur
Tingkat kepadatan (ekor/m2)
anak puyuh umur (1-10 hari) 90-100
10 hari - lepas sapih 60
Dewasa 40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar